Friday, November 30, 2012

Cloud Computing - Spicebird

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dengan menggabungkan pemanfaatan teknologi komputer dan disajikan dalam bentuk suatu layanan. Yang dimaksud dengan Saas dan Web 2.0 adalah sebuah software as a service atau perangkat lunak yang berbentuk layanan, digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi yang berbasis web (Internet).

SpiceBird

Spicebird adalah klien kolaborasi yang menyediakan akses terintegrasi ke email, kontak, kalender dan pesan instan dalam satu aplikasi. Menyediakan akses mudah ke berbagai layanan web sementara tetap mempertahankan semua keuntungan dari aplikasi desktop. Hal ini dikembangkan oleh perusahaan India bernama Synovel. Ini adalah sumber, bebas terbuka dan perangkat lunak cross-platform.

Spacebird merupakan klien email gratis. SpiceBird dibangun di atas penawaran Mozilla sehingga Anda akan merasa seperti menggunakan Thunderbird.
Anda dapat men-download dan menginstal SpiceBird untuk Windows dan Linux. File instaler memiliki ukuran sekitar 12MB dan dapat diinstal dalam sekejap. Setelah terinstal, maka jalankan dan Anda akan melihat interface tab. Berbagai tab memberikan Anda akses ke semua fitur SpiceBird yang ditawarkan.
Mari melihat secara singkat beberapa tab dari SpiceBird.

Tab Home

Tab home ini banyak seperti pada halaman iGoogle. Anda dapat menambahkan dan mengelola widget. Widget ini dapat digunakan untuk menampilkan preview dari inbox Anda atau jam di zona yang berbeda.
Anda dapat menampilkan tugas-tugas mendatang atau menambahkan salah satu gadget iGoogle yang tersedia.
Klik pada Add Applets di toolbar dan kemudian pilih Google Gadget. Sekarang, copy alamat iGoogle Gadget dari deskripsi gadget dan paste pada halaman. Ini akan me-load gadget di tab home SpiceBird Anda.


Tab Inbox

Tab Inbox akan tampak akrab bagi pengguna Thunderbird. Ini terlihat dan memiliki fungsi yang sama juga.
Anda dapat mengkonfigurasi mail account Anda, yang akan muncul di sisi kiri. Anda dapat membuka e-mail di tab baru atau window baru jika Anda inginkan.

Tab Contacts, Calendar dan Tasks

Anda dapat mengelompokkannya bersamaan di bawah satu header karena mereka semua bekerja seperti yang Anda harapkan ada kontak atau aplikasi kalender. Anda dapat menambahkan account chat di tab Contacts dan menggunakannya untuk mengelola dan menyimpan kontak Anda.
Calendar menyediakan fungsionalitas standar tanpa sync Google Calendar. Anda masih dapat mengimpor dan mengekspor file iCal. Anda juga dapat membuat tugas-tugas di dalam tab Task, menetapkan prioritas tugas, mengkategorikan mereka sesuai keinginan Anda dan bahkan menandai kemajuan pada tugas-tugas Anda.


sumber:
http://www.technobuffalo.com/internet/five-examples-of-cloud-computing/
http://gicara.com/uncategorized/spicebird-klien-email.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan


http://www.gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment